Jenis Dan Kegunaan APD - Berita safety K3
Headlines News :
Home » » Jenis Dan Kegunaan APD

Jenis Dan Kegunaan APD

Written By safety K3 on Jumat, 28 Desember 2012 | 09.24



Ada beberapa macam APD yang dipakai serta keguanaan APD pada tenaga kerja secara garis besarnya antara lain :

1)APD Kepala

Termasuk didalamnya pengikat rambut, pentup kepala, topi dan berbagai material. Berfungsi untuk melindungi kepala dari benda yang jatuh, terbang, korosit, debu, iklim yang buruk serta menjaga kebersihan kepala dan rambut.

2)APD Mata

Kaca mata dari berbagai bahan berfungsi untuk melindungi mata. APD ini pada umumnya kebanyakan digabung dengan APD untuk muka dengan demikian maka fungsinya selain melindungi mata sekaligus melindungi muka/wajah.

3)APD Telinga

Ada 2 yaitu ear plug (sumbet telinga), ear muff (tutup telinga). Berfungsi untuk melindungi telinga tenaga kerja dari cuaca-cuaca diatas NAB. APD ini mutlak dipakai apabila dibawah atau tempat peralatan yang memiliki tingkat kebisingan diatas normal. Untuk mengetahui seberapa tingkat kebisingan disuatu daerah atau temapat peralatan maka dilakukan suatu pengukuran dengan suatu alat yang antara lain dengan Sound Level Meter, bila hasil pengukuran menunjukan hasil pengukuran di atas nilai normal yaitu (85 db), maka mutlak memakai pelindung telinga.

4)APD Tangan/Jari-Jari Tangan

Sarung tangan atau kaos tangan berfungsi untuk melindungi tangan dari bahaya tajam, panas, kasar, berduri, dingin, radiasi, arus llistrik, bahan- bahan kimia dan elektro magnetik serta menjaga kebersihan tangan.

5)APD Mulut/Hidung

Respirator berbagai jenis, terdapat juga jenis :
a)Respirator pemurni udara
b)Respirator yang dihubungkan dengan supplay udara bersih
c)Respirator yang dilengkapi dengan supplay oksigen
Sebagaimana diketahui bahwa sumber penyakit/bahaya bukan hanya menimpa bagian tubuh tapi dapat juga menimpa bagian dalam yang datangnya melalui pernapasan atau mulut. APD ini berfungsi melindungi bagian dalam tubuh melalui pernapasan hidung dan mulut dari pengaruh oksigen yang terkontaminasi dengan partikel debu, gas, uap yang dapat merusak atau setidaknya mengganggu pernapasan.

6)APD Kaki/Jari-Jari Kaki

Sepatu berbagai tipe, berfungsi untuk melindungi kaki dari jari-jari kaki agar tidak tertimpa benda berat, keras, tersengat benda-benda panas atau semacamnya.

7)APD Bagian Tubuh

Pakaian kerja yang dibuat khusus yang dibuat berfungsi untuk melindungi badan dari radiasi panas konduksi dan panas konveksi.

Share this article :

1 komentar:

  1. terima kasih untuk info postingan blognya, ini sangat bermanfaat sekali untuk kami, apabila berminat untuk memulai usaha membuka bengkel / membutuhkan peralatan teknik, perkakas bengkel, las, safety Dll bisa hubungi kami di www.tokootomif.com .

    BalasHapus

 
Support : Safety K3 | Berita Safety | Safety K3
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Berita safety K3 - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Berita K3